bd141e7a079ede107e294217a59b31d64ca0dbcae76c2f3aa9ae4bf306e6e1aef62c9fc65a4d50d7

Resep Bumbu Ayam Rica Rica Kemangi

Desember 02, 2017 Posted By: Admin Vexia
Ayam rica adalah satu dari sekian banyak masakan khas Manado Bumbu Ayam Rica Rica Kemangi


Tukang Masak - Ayam rica - rica merupakan satu dari sekian banyak masakan khas Manado, Sulawesi Utara, yang dikenal akan cita rasanya yang  pedas. Dalam bahasa Manado, kata "rica" adalah cabai atau pedas. Memang ayam saat ini biasa dijadikan makanan yang dipadukan dengan bumbu pedas, malahan tidak hanya semua jenis daging saja namun jenis daging unggas dan ikan air tawar atau laut dapat dimasak menjadi makanan versi rica - rica dan rasanya pun cukup enak dan lezat.


Untuk memperoleh cita rasa yang pedas dan khas, rica - rica umumnya memakai banyak sekal cabai merah dan cabai hijau bahkan ada pula yang memakai cabai rawit kemudian ditambah bawang merah dan bawang putih serta sedikit garam dan gula sebagai penyedap rasanya. Bahan - bahan itu kemudian ditumbuk menjadi begitu halus dan dimasak beserta santan kemudian dipadukan dengan daun jeruk dan serai serta perasan jeruk nipis.

Karena sangking terkenalnya makanan rica - rica ini tidak cuma menjadi makanan yang ekslusif di daerah Manado saja namun sudah menjalar ke berbagai daerah di wilayah tanah air Indonesia bahkan di surabaya sendiri banyak sekali warung atau rumah makan yang menjual makanan jenis rica - rica. Tata - cara masaknya pun bermacam - macam, ada yang dagingnya di goreng pertama kali dulu dan ada pula yang dagingnya di bakar dan ada juga yang di gepuk dulu. Dan berikut ini adalah bumbu ayam rica rica kemangi yang biasanya dipakai oleh orang - orang dan koki - koki restoran untuk membuat ayam rica - rica.

Bumbu - bumbu ayam rica - rica :
  • 1 kg ayam potong


Bumbu dasar halus :
  • 5 bawang merah
  • 4 ikat kemangi
  • 10 cabe rawit
  • 3 bawang putih
  • 2 daun jeruk (gak di haluskan)
  • 1 ruas kecil jahe
  • 2 daun salam(gak dihaluskan)


Ya, Itulah tadi bumbu ayam rica rica kemangi, Cukup mudah bukan? Silahkan mencobanya dan semoga bermanfaat :)
View: - Tags: Resep Ayam, Resep Masakan