Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kicak Ketan

Kicak atau lebih lengkapnya kicak ketan yaitu nama suatu penganan khas Jogja yang hanya  Kicak Ketan Kicak atau lebih lengkapnya kicak ketan yaitu nama suatu penganan khas Jogja yang hanya muncul pada ketika bulan Ramadan, yang terutama dijual di Pasar Sore bulan mulia di Kauman, Yogyakarta.

Kudapan tradisional khas Kampung Kauman ini dibentuk dari nasi ketan putih yang telah ditumbuk halus menjadi jadah, lalu dicampur dengan gula, parutan kelapa, pandan, serta irisan buah nangka. Untuk menambah aromanya, biasanya kicak yang dijual dibungkus dengan daun pisang.

Keunikan dan kekhasan kicak terdapat pada bagian buah nangka dan daun pandan sehingga aroma kicak sangat menarik hati sebagai hidangan pembuka ketika berbuka puasa.

Selain itu, jadah yang rasanya gurih disertai dengan kerenyahan adonan parutan kelapa dan gula yang terasa cantik merupakan pilihan makanan ringan atau takjil yang sempurna untuk berbuka puasa. Terdapat variasi lain yang memakai kinca gula merah dalam penyajian kicak ketan ini.

Sementara jajanan tradisional kicak yang dikenal dan banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jepara, diberi nama "getuk kicak".

Perbedaan utama getuk kicak ini terdapat pada materi utamanya yang terbuat dari materi singkong dan gula merah cair. Karena itu, untuk membedakan kedua jenis kicak ini, kicak khas Jogja dinamakan kicak ketan, sedangkan kicak khas Jepara diberi nama kicak singkong atau getuk kicak.



BAHAN JADAH :
  • 500 gr beras ketan putih, rendam selama 30 menit, basuh bersih
  • 400 ml air
  • 1 butir kelapa setengah tua, parut
  • 1 sdt garam

BAHAN TABURAN :

  • 400 ml air
  • 150 gr gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 sdt garam
  • 1 buah kelapa setengah tua, parut kasar
  • 200 gr daging buah nangka, potong kotak 1 cm

BAHAN LAIN : Daun pisang secukupnya untuk ganjal loyang

CARA MEMBUAT :

UNTUK JADAH :

1. Kukus beras ketan di dalam dandang panas sampai matang (+/- 30 menit). Angkat, sisihkan.
2. Didihkan air, masukkan beras ketan. Masak sambil diaduk sampai air terserap habis. Masukkan kelapa dan garam, aduk rata. Angkat.
3. Kukus beras ketan di dalam dandang panas sampai matang (+/- 15 menit). Angkat. Selagi panas, tumbuk ketan sampai halus. Masukkan ke dalam loyang 24x24x4 cm yang sudah dialasi dengan daun pisang dan diolesi minyak goreng, padatkan. Sisihkan.

UNTUK KELAPA TABURAN : Masak air bersama gula, daun pandan, dan garam sampai mendidih dan gula larut. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Angkat, sisihkan.

UNTUK PENYAJIAN : Potong jadah berbentuk kotak 1 cm atau sesuai selera. Tata di atas piring saji. Sendokkan materi kelapa taburan dan nangka di atasnya. Sajikan.

Untuk : 6 porsi

Semoga artikel cara membuat kicak ketan di atas dapat membantu anda yang sedang membutuhkan resep dan langkah-langkahnya.