bd141e7a079ede107e294217a59b31d64ca0dbcae76c2f3aa9ae4bf306e6e1aef62c9fc65a4d50d7

Resep Sirup Gula Untuk Es Buah Seger

Oktober 01, 2017 Posted By: Admin Vexia
 Cara membuat sirup gula merupakan satu dari sekian banyak resep yang mudah sekali untuk d Cara Membuat Sirup Gula Untuk Es Buah

Tukang Masak - Resep sirup gula merupakan satu dari sekian banyak resep yang mudah sekali untuk dibuat, Anda hanya perlu mencairkan gula pasir beserta air di atas kompor. Sirup gula pun biasanya dinamakan dengan simple syrup, dan mudah sekali ditemukan di berbagai toko maupun super market. Namun alangkah baiknya Anda dapat membuat air gula itu sendiri di rumah Anda, sudah pasti akan lebih ekonomis dan irit.


Pernah kah Anda membeli es teh di warung - warung dekat rumah Anda? Umumnya di dasar gelas tersebut ada gula pasir, sebelum meminumnya Anda harus terlebih dahulu mengaduknya berulang kali supaya gula tersebut larut ke dalam air. Di dalam air es tentu saja akan susah sekali mencairkan gula? Itulah mengapa alangkah baiknya menggunakan sirup gula untuk minuman dingin misalnya jus buah, es teh, dan es campur, serta es jeruk, dan lain sebagainya. Hanya perlu mengaduk sebentar, minuman akan langsung manis dan siap untuk dinikmati.

  1. Pertama - tama, Anda persiapkan terlebih dahulu bahan dasarnya yakni gula dan air. Biasanya orang - orang memakai 2 air dengan 1 gula atau bisa juga 1 air dengan 1 gula (faktor berat). Gampangannya ialah semakin banyak air maka akan makin berkurang manisnya dari gula cair yang diciptakan.
  2. Batas waktu saat gula masih tetap cair adalah setelah diproses 4 air dengan 5 gula, lebih dari itu maka gula cair tersebut akan kembali mengental ketika dipanaskan kemudian mengkristal lagi. Proses pemanasan alangkah baiknya jangan terlalu lama sebab gula dapat berubah menjadi karamel.
  3. Cara membuat gula cair dari gula pasir dimulai dengan cara menuangkan bahan utama ke dalam panci / wajan. Kalau saya sendiri biasanya memakai panci sebab lebih dalam sehingga ketika dipanaskan tak ada letupan buih yang akan mengenai tangan maupun menempel di kompor Anda.
  4. Setelah itu, panaskan dengan api ukurang sedang saja sampai gula nampak cair. Sekali - sekali Anda aduk - aduk gula yang belum cair tersebut dengan memakai spatula anti panas atau bisa juga memakai sendok kayu. Sesudah seluruh gula mencair, Anda lanjutkan pemanasan hingga mulai nampak buih - buih yang berarti larutan tersebut telah mendidih, kemuidan Anda langsung saja mematikan kompor.
  5. Angkat panci tersebut lalu tunggu beberapa menit, meskipun sudah tak dipanaskan namun proses memasak tetap terjadi. Tunggu saja sebentar hingga gula cair berubah menjadi sedikit kental dan mirip dengan sirup - sirup pada umumnya. Sesudah sirupnya mulai mendingin, tuangkan ke dalam botol kaca atau bisa juga memakai wadah yang tahan panas lainnya. Atau jika Anda bingung - bingung Anda dapat memakai botol bekas sirup sebagai tempat penyimpanannya.
  6. Cara membuat sirup gula pun sudah selesai, umumnya warna dari gula cair tersebut berwarna coklat hingga kuning keemasan dengan bentuk hampir sama dengan madu. Warna sirup gula disebabkan oleh warna gula pasir yang Anda pakai karena seperti yang Anda ketahui bahwa ada gula pasir yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna coklat.
  7. Alangkah baiknya gula cair tersebut di tempatkan ke dalam kulkas supaya jauh dari semut. Taruh saja di pintu atau bawah pokoknya jangan di taruh di freezer. Dalam keadaan yang normal umumnya sirup gula dapat bertahan 3 hingga 6 bulan. Makin sedikit kandungan air ketika proses pembuatan maka akan semakin awet jangka waktunya.
  8. Tak hanya dipakai untuk pemanis minuman saja tetapi sirup gula pula sering dipakai untuk pendamping makan roti, dan hiasan kue, serta campuran es krim maupun dimakan beserta buah - buahan.


Silahkan mencobanya dan semoga bermanfaat :)